Selasa, 03 November 2015

PEDOMAN KKNM STKIP PANCA SAKTI



 

 PEDOMAN PELAKSANAAN
PENDIDIKAN DAN LATIHAN KULIAH KERJA NYATA (KKNM)
STKIP PANCA SAKTI

A.Tujuan Pendidikan dan Latihan
1. Memberikan pengetahuan elementer, praktis dan pragmatis tentang masalah Sosial keagamaan, Pendidikan Agama Islam, Lembaga Sosial Keagamaan, seperti Pendidikan, Ekonomi, Lingkungan, dan lain-lain.
2. Mempersiapkan dan memberikan informasi kepada para peserta KKNM tentang keadaan yang sesungguhnya serta permasalahan yang dihadapi di lokasi KKNM.

B. Materi Pendidikan dan Latihan
1.      Penjelasan tentang Program KKNM STKIP Panca Sakti Tahun 2015.
2.      Kondisi obyektif kehidupan keagamaan dan permasalahan kehidupan keagamaan di kabupaten Garut.
3.      Islam dan pembinaan lingkungan hidup.
4.      Metode pendekatan keagamaan bagi masyarakat desa.
5.      Pembinaan keagamaan di kalangan generasi muda perannya dalam pembangunan masyarakat desa serta kelestarian lingkungan hidup.
6.      PKK dan Kewiraswastaan.
7.      Permasalahan pendidikan masyarakat Desa di Kabupaten
8.      Teknik Perencanaan Pembangunan Desa dan Administrasi Pemerintah Desa.
9.      Metode dan Teknik Latihan Pembangunan Masyarakat Desa.
10.  Pemecahan Masalah dan Teknik Penyusunan Program PKK.
11.  Informasi hasil studi eksplorasi KKNM.

C. Metode Pendidikan dan Latihan
            Metode partisipatif, persuasif dengan bentuk :
1.      Metode Ceramah
2.      Metode Tanya Jawab
3.      Metode Peragaan
4.      Metode Demonstrasi
5.      Metode Diskusi
6.      Dinamika Kelompok
7.      Metode Audio Visual Aid (AVA)
8.      Metode Resitasi

D.Materi Pendidikan dan Latihan KKNMSTKIP Panca SaktiTahun 2015
1.      Kondisi Obyektif Kehidupan Keagamaan dan Permasalahannya di Kabupaten
Tujuan    : Membekali para peserta KKNM dengan pengetahuan/Informasi  keadaan  sebenarnya tentang kehidupan keagamaan di daerah kabupaten Garut
Topik       : a. Bidang keagamaan yang menonjol di kabupaten Garut, seperti Pendidikan Agama, Da’wah, NTCR, dan lain-lain.
b. Masalah-masalah yang timbul dalm kehidupan keagamaan di daerah kabupaten Garut.
c. Relepansi kehidupan keagamaan dengan pembangunan.
2.      Islam dan Pembinaan Lingkungan Hidup.
Tujuan       : Membekali peserta KKNM dengan makna lingkungan hidup sebagai    ekosistem,dan pandangan Islam terhadap lingkungan hidup tersebut,sehingga menimbulkan sikap serta kesadaran untuk berpartisipasi dalam menyadarkan dan melestarikannya menurut tuntunan illahi.
Topik                : 1.Makna Lingkungan Hidup
2.Ajaran Agama Islam mengenai hubungan antara manusia dengan tuhan, antara manusia dengan manusia, dan antara manusia dengan alam.
3.Macam-macam lingkungan hidup.
                            4.Manusia dan lingkungan hidup.
                            5.Lingkungan hidup dan keseimbangan.
                            6.Gangguan terhadap keseimbangan.
                            7.Pembangunan dan lingkungan hidup.
                            8.Peranan Islam terhadap pelestarian lingkungan hidup.

3.      Metode Pendekatan Keagamaan bagi masyarakat Desa.
Tujuan             : Membekali para peserta KKNM dengan pengetahuan tentang
                          cara-cara pendekatan keagamaan bagi masyarakat desa.
Topik               : 1. Pengertian tentang pendekatan keagamaan.
                          2. Ciri-ciri khusus dan adat istiadat masyarakat desa
                          3. Beberapa cara pendekatan keagamaan bagi masyarakat desa.

4.      Pembinaan keagamaan dikalangan generasi muda serta perannya dalam pembangunan masyarakat desa dan kelestarian lingkungan hidup.
Tujuan     : Membekali para peserta KKNM dengan pengetahuan tentang pola    pembinaan generasi muda di desa agar dapat berperan dalam pembanguanan masyarakat desa dan kelestarian lingkungan hidup.
Topik        : 1. Pengertian dan tujuan pembinaan keagamaan dikalangan generasi muda.
2. Bidang-bidang kegiatan keagamaan dikalangan generasi muda.
3. Metode dan pola pembinaan keagamaan dikalangan generasi muda.
4. Peranan generasi muda dalam pembangunan masyarakat desa dan  kelestarian lingkungan hidup.

5.      PKK dan Kewiraswastaan
Tujuan             : Membekali para peserta KKNM dengan keterampilan praktis.
Topik               : 1. Pengertian
2. Teknologi Desa dan Panca Usaha Tani/keterampilan praktis yang diperlukan bagi masyarkat Desa.

6.      Permasalahan Pendidikan Masyarakat Desa.
Tujuan      : Memberikan informasi kepada para peserta KKNM tentang masalah-masalah pendidikan yang timbul di masyarakat dan cara mengatasinya.
Topik         : 1. Macam-macam pendidikan yang ada di lingkungan masyarakat desa Kabupaten Graut
2. Kesulitan-kesulitan yang dihadapi dalam pelaksanaan dan pengembangan pendidikan di lingkungan masyarakat Kabupaten Garut
3. Cara-cara mengatasi kesulitan pelaksanaan dan pengembangan pendidikan di lingkungan masyarakat desa Kabupaten Garut
4. Cara-cara pemberantasan buta huruf
5. Masalah pendidikan,kependudukan masyarakat desa

7.      Teknik Perencanaan Pembangunan Desa Serta Administrasi Pemerintah Desa
Tujuan       : Membekali peserta KKNM dengan pengetahuan tentang struktur dan mekanisme pemerintah desa serta cara menyusun Rencana Pembangunan Desa
Topik            : 1. Pengertian,dasar,tujuan administrasi desa.
                        2. Struktur dan Mekanisme Pemerintahan Desa.
3. Cara menyusun Rencana Pembangunan Desa.
4.Relevansi Administrasi Pemerintahan Desa denganPembangunan Desa.
5. Peranan Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD) di dalam pembangunan masyarakat desa dan kelestaraianlingkungan.

8.      Metode dan Teknik Latihan Pengembangan Masyarakat Desa.
Tujuan             : Penguasaan tentang metode serta teknik pengembangan kepemimpinan masyarakat desa.
Topik               : 1. Dasar dan tujuan Latihan Pengembangan Masyarakat Desa.
2. Organisasi dan Administrasi Latihan Pengembangan Masyarakat Desa.
3. Sarana dan prasarana latihan Pengembangan Masyarakat Desa.
4. Reserve Person dan peserta Latihan Pengembangan Masyarakat Desa.
5. Metode dan teknik penyelenggaraan Latihan Pengembangan Masyarakat Desa.

9.      Pemecahan Masalah teknik Penyusunan Program KKNM
Tujuan             : Membekali para peserta KKNM dengan teknik penyususnan Program KKNM.
Topik               : 1. Pengertian dan tujuan pemecahan masalah.
                          2. Metode pemecahan program KKNM.
                          3. Teknik Penyususnan Program KKNM:
a.       Strategi Program KKNM & PMD.
b.      Prinsip penyusunan program.
c.       Penentuan Program.
d.      Komponen-komponen program.
e.       Kategori program.

10.  Informasi Hasil Studi Eksplorasi Lokasi KKNM
Tujuan             : Memberikan informasi/gambaran umum tentang keadaan daerah Lokasi KKNM yang sesungguhnya.
Topik               : 1. Keadaan Geografis.
                          2. Struktur Demografis.
                          3. Pemerintahan dan Kepemimpinan.
                          4. Kehidupan Beragama.
                          5. Pendidikan  Agama dan Da’wah.
                          6. Srana dan Lembaga Sosial Keagamaan.
                          7. Pendidikan.
                          8. Kesehatan.
                          9. Keadaan Lingkungan.
                          10. Permasalahan yang dihadapi.

Garut,   Juli 2015
KETUA LPM
STKIP PANCA SAKTI,

TTD,


                                                                        Boma Jonaldi Tanjung, S.E., M.M.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar