PEDOMAN
PELAKSANAAN
PENDIDIKAN DAN
LATIHAN KULIAH KERJA NYATA (KKNM)
STKIP PANCA
SAKTI
A.Tujuan Pendidikan
dan Latihan
1.
Memberikan pengetahuan
elementer, praktis dan pragmatis tentang masalah Sosial keagamaan, Pendidikan
Agama Islam, Lembaga Sosial Keagamaan, seperti Pendidikan, Ekonomi, Lingkungan, dan
lain-lain.
2. Mempersiapkan
dan memberikan informasi kepada para peserta KKNM tentang keadaan yang
sesungguhnya serta permasalahan yang dihadapi di lokasi KKNM.
B. Materi Pendidikan
dan Latihan
1. Penjelasan
tentang Program KKNM STKIP Panca Sakti Tahun 2015.
2. Kondisi
obyektif kehidupan keagamaan dan permasalahan kehidupan keagamaan di kabupaten Garut.
3. Islam
dan pembinaan lingkungan hidup.
4. Metode
pendekatan keagamaan bagi masyarakat desa.
5. Pembinaan
keagamaan di kalangan generasi muda perannya dalam pembangunan masyarakat desa
serta kelestarian lingkungan hidup.
6. PKK
dan Kewiraswastaan.
7. Permasalahan
pendidikan masyarakat Desa di Kabupaten
8. Teknik
Perencanaan Pembangunan Desa dan Administrasi Pemerintah Desa.
9. Metode
dan Teknik Latihan Pembangunan Masyarakat Desa.
10. Pemecahan
Masalah dan Teknik Penyusunan Program PKK.
11. Informasi
hasil studi eksplorasi KKNM.
C. Metode Pendidikan
dan Latihan
Metode partisipatif, persuasif
dengan bentuk :
1. Metode
Ceramah
2. Metode
Tanya Jawab
3. Metode
Peragaan
4. Metode
Demonstrasi
5. Metode
Diskusi
6. Dinamika
Kelompok
7. Metode
Audio Visual Aid (AVA)
8. Metode
Resitasi
D.Materi Pendidikan dan Latihan KKNMSTKIP Panca SaktiTahun
2015
1. Kondisi
Obyektif Kehidupan Keagamaan dan Permasalahannya di Kabupaten
Tujuan : Membekali para peserta KKNM dengan pengetahuan/Informasi keadaan
sebenarnya tentang kehidupan keagamaan di daerah kabupaten Garut
Topik : a. Bidang keagamaan yang menonjol di
kabupaten Garut, seperti Pendidikan Agama, Da’wah, NTCR, dan lain-lain.
b.
Masalah-masalah yang timbul dalm kehidupan keagamaan di daerah kabupaten Garut.
c.
Relepansi kehidupan keagamaan dengan pembangunan.
2.
Islam dan Pembinaan
Lingkungan Hidup.
Tujuan : Membekali peserta KKNM dengan makna
lingkungan hidup sebagai ekosistem,dan
pandangan Islam terhadap lingkungan hidup tersebut,sehingga menimbulkan sikap
serta kesadaran untuk berpartisipasi dalam menyadarkan dan melestarikannya
menurut tuntunan illahi.
Topik : 1.Makna Lingkungan Hidup
2.Ajaran Agama
Islam mengenai hubungan antara manusia dengan tuhan, antara manusia dengan
manusia, dan antara manusia dengan alam.
3.Macam-macam
lingkungan hidup.
4.Manusia dan
lingkungan hidup.
5.Lingkungan hidup
dan keseimbangan.
6.Gangguan terhadap
keseimbangan.
7.Pembangunan dan
lingkungan hidup.
8.Peranan Islam
terhadap pelestarian lingkungan hidup.
3.
Metode Pendekatan
Keagamaan bagi masyarakat Desa.
Tujuan : Membekali para peserta KKNM
dengan pengetahuan tentang
cara-cara pendekatan
keagamaan bagi masyarakat desa.
Topik :
1. Pengertian tentang pendekatan keagamaan.
2. Ciri-ciri khusus dan adat istiadat
masyarakat desa
3. Beberapa cara pendekatan keagamaan bagi
masyarakat desa.
4. Pembinaan
keagamaan dikalangan generasi muda serta perannya dalam pembangunan masyarakat
desa dan kelestarian lingkungan hidup.
Tujuan : Membekali para peserta KKNM dengan
pengetahuan tentang pola pembinaan
generasi muda di desa agar dapat berperan dalam pembanguanan masyarakat desa
dan kelestarian lingkungan hidup.
Topik : 1. Pengertian dan tujuan pembinaan
keagamaan dikalangan generasi muda.
2.
Bidang-bidang kegiatan keagamaan dikalangan generasi muda.
3.
Metode dan pola pembinaan keagamaan dikalangan generasi muda.
4.
Peranan generasi muda dalam pembangunan masyarakat desa dan kelestarian lingkungan hidup.
5.
PKK dan Kewiraswastaan
Tujuan : Membekali para peserta KKNM
dengan keterampilan praktis.
Topik : 1. Pengertian
2.
Teknologi Desa dan Panca Usaha Tani/keterampilan praktis yang diperlukan bagi
masyarkat Desa.
6.
Permasalahan
Pendidikan Masyarakat Desa.
Tujuan : Memberikan informasi kepada para
peserta KKNM tentang masalah-masalah pendidikan yang timbul di masyarakat dan
cara mengatasinya.
Topik : 1. Macam-macam pendidikan yang ada
di lingkungan masyarakat desa Kabupaten Graut
2.
Kesulitan-kesulitan yang dihadapi dalam pelaksanaan dan pengembangan pendidikan
di lingkungan masyarakat Kabupaten Garut
3.
Cara-cara mengatasi kesulitan pelaksanaan dan pengembangan pendidikan di lingkungan
masyarakat desa Kabupaten Garut
4.
Cara-cara pemberantasan buta huruf
5.
Masalah pendidikan,kependudukan masyarakat desa
7.
Teknik Perencanaan
Pembangunan Desa Serta Administrasi Pemerintah Desa
Tujuan : Membekali peserta KKNM dengan
pengetahuan tentang struktur dan mekanisme pemerintah desa serta cara menyusun
Rencana Pembangunan Desa
Topik : 1. Pengertian,dasar,tujuan
administrasi desa.
2. Struktur dan
Mekanisme Pemerintahan Desa.
3. Cara
menyusun Rencana Pembangunan Desa.
4.Relevansi
Administrasi Pemerintahan Desa denganPembangunan Desa.
5. Peranan
Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD) di dalam pembangunan masyarakat desa
dan kelestaraianlingkungan.
8.
Metode dan Teknik
Latihan Pengembangan Masyarakat Desa.
Tujuan : Penguasaan tentang metode serta
teknik pengembangan kepemimpinan masyarakat desa.
Topik : 1. Dasar dan tujuan Latihan
Pengembangan Masyarakat Desa.
2. Organisasi
dan Administrasi Latihan Pengembangan Masyarakat Desa.
3. Sarana dan
prasarana latihan Pengembangan Masyarakat Desa.
4. Reserve
Person dan peserta Latihan Pengembangan Masyarakat Desa.
5. Metode dan
teknik penyelenggaraan Latihan Pengembangan Masyarakat Desa.
9.
Pemecahan Masalah
teknik Penyusunan Program KKNM
Tujuan : Membekali para peserta KKNM
dengan teknik penyususnan Program KKNM.
Topik : 1. Pengertian dan tujuan
pemecahan masalah.
2. Metode pemecahan program KKNM.
3. Teknik Penyususnan Program KKNM:
a. Strategi
Program KKNM & PMD.
b. Prinsip
penyusunan program.
c. Penentuan
Program.
d. Komponen-komponen
program.
e. Kategori
program.
10.
Informasi Hasil Studi
Eksplorasi Lokasi KKNM
Tujuan : Memberikan informasi/gambaran
umum tentang keadaan daerah Lokasi KKNM yang sesungguhnya.
Topik : 1. Keadaan Geografis.
2. Struktur Demografis.
3. Pemerintahan dan Kepemimpinan.
4. Kehidupan Beragama.
5. Pendidikan
Agama dan Da’wah.
6. Srana dan Lembaga Sosial Keagamaan.
7. Pendidikan.
8. Kesehatan.
9. Keadaan Lingkungan.
10. Permasalahan yang dihadapi.
Garut, Juli 2015
KETUA
LPM
STKIP PANCA
SAKTI,
TTD,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar